30
Jan
12

Sepeda dan Manfaatnya

Sepeda di temukan di Eropa pada abad ke-19.Kemudian mulai masuk ke Amerika dan sejak saat itu Sepeda mulai terkenal diseluruh dunia. Bersepeda disebut sebagai berolahraga karena manfaat sepeda itu sendiri yang tidak sedikit.

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Jerman, menyebutkan orang yang bersepeda secara rutin dengan kec. 1 – 15 km/jam setiap hari lebih kebal terhadap penyakit flu daripada yang tidak, Sebab metabolisme tubuh orang yang bersepeda lebih lancar, dan staminanya juga lebih kuat.

Kamu bisa buktikan manfaat dari bersepeda ini ketika
kamu sedang sakit punggung, kalau kamu bisa bersepeda setiap hari secara rutin, makan sakit punggung kamu perlahan – lahan akan hilang. Tau Kenapa? Ini disebabkan karena ada bagian pada tulang punggung yang kaku dan tidak terlatih, sehingga tulang sulit untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Kalau kamu bersepeda, maka bagian itu akan mulai terlatih dan tidak akan kekurangan nutrisi lagi.

Ada banyak manfaat dari bersepeda yang lain. Manfaat dari bersepeda yang lain antara lain :

  • Bersepeda memiliki fungsi untuk membentuk tubuh kamu dan membuat kamu menjadi lebih energik.Hal itu disebabkan, karena ketika kita bersepeda maka akan terjadi gerakan yang membentuk, menguatkan dan mengencangkan serta menghilangkan lemak yang berada di paha, betis, serta panggul.
  • Manfaat selanjutnya yaitu untuk mengurangi selulit yang ada di paha kamu.Dengan bersepeda juga bisa menghilangkan stress yang terjadi pada lutut sampai pergelangan kaki, ibarat kita berjalan kaki atau melakukan senam aerobik.
  • Dengan bersepeda, darah kamu akan berjalan dengan lancar, ditambah lagi nutrisi2 di dalam tubuh kamu dapat terbagi dengan rata.
  • Manfaat bersepeda selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu terhadap serangan penyakit.Penyakit seperti diabetes bisa di cegah dengan bersepeda karena bersepeda menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Fungsi lain dari bersepeda adalah untuk mengurangi stress kamu dan mencegah penyakit jantung.

Bersepeda dengan cara Sprint dinyatakan memiliki pengaruh lebih besar dalam membangun otot tubuh, dibandingkan dengan bersepeda endurance. Terlepas dari jenis bersepeda (sprint atau endurance) anda lakukan, otot-otot yangbekerja saat Anda mengayuh pedal sepeda adalah sama.

Otot Otot-otot pinggul

Otot-otot di bagian belakang pinggul Anda, khususnya Anda atau otot gluteus maximus pantat, pinggul memperpanjang ke drive kaki Anda ke bawah. Paha belakang, terdiri dari bisep femoris, semimembranosus dan semitendinosis dan terletak di bagian belakang paha Anda juga berkontribusi terhadap perluasan pinggul Anda.

Paha belakang juga bekerja untuk menarik pedal ke belakang di bagian bawah downstroke sementara illiopsoas atau otot fleksor pinggul tarik kaki Anda kembali. Otot-otot paha bagian dalam dan luar, masing-masing, bekerja untuk menjaga pinggul Anda selaras dan mencegah lutut Anda dari bergulir dalam atau di luar pedal.

Otot-otot Lutut

Otot-otot sekitar lutut Anda cenderung menjadi bagian yang Anda rasa paling bekerja ketika Anda naik sepeda. Paha depan, rektus femoris terdiri dari, vastus midialis, vastus lateralis dan vastus intermedius, kontraksi kuat lutut Anda saat Anda mendorong ke bawah pedal. Paha belakang, yang lintas baik pinggul dan sendi lutut, mengambil alih dari paha depan Anda untuk menyelesaikan balik kayuhan Anda.

Otot-otot Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki Anda memainkan bagian penting dalam menularkan gaya yang dihasilkan oleh yang otot-otot kaki bagian atas Anda ke pedal sepeda. Otot-otot gastrocnemius dan soleus betis Anda berperan menunjang pergelangan kaki yang kaku selama turun stroke yang sementara tibialis anterior otot atau tulang kering memegang pergelangan kaki Anda di tempat selama sampai stroke. Otot-otot ini juga aktif melenturkan selama aksi mengayuh dan membuat kontribusi yang kecil tapi penting untuk jumlah total kekuatan yang Anda dapat hasilkan saat bersepeda.

Otot-otot Lain

Meskipun bersepeda didominasi menggunakan otot-otot tubuh bagian bawah, ada beberapa otot tubuh bagian atas yang juga terlibat dalam ketika bersepeda. Otot punggung bawah–secara kolektif disebut spinae –bekerja bersama dengan abdominus rektus lateral atau abs, terus tulang belakang Anda. Otot yang luas di atas Anda kembali, latissimus dorsi, bekerja dengan bisep Anda dan trisep in arms Anda membantu

Anda menghasilkan lebih banyak kekuatan ketika Anda naik sepeda berdiri, seperti ketika naik bukit atau berlari. Meskipun otot bagian atas tidak bekerja sekeras kaki Anda ketika Anda naik sepeda, tetap saja peran mereka penting menunjang Tubuh Anda sehat dan kuat secara keseluruhan.

(ref : http://thingsbike.comhttp://diet.huteri.com)


0 Tanggapan to “Sepeda dan Manfaatnya”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar


Jam

Kalender Islam

Tanggalan

Januari 2012
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Sukses itu..??

sukses tak sekedar kehidupan yang bergelimang harta.,,
sukses tak sekedaar hidup dalam posisi jabatan perusahaan tertinggi.
sukses tak sekedar dalam namanya tertuang berbagai gelaar jabatan.
tapi sukses itu lebih kepada seseorang yang bisa memanajemen dirinya sendiri dalam menggali kelebihannya untuk membawa dirinya lebih baik., belajar dari kehidupan dan bisa lebih mamaknai apa arti hidup itu sendiri. merasa cukup dengan apa yang telah dimiliki., mempunyai banyak ide yang bermaanfaat yang dapat memajukan diri sendiri daan orang lain, menghargai orang lain dan menghargai hal-hal kecil meskipun telah mendapatkan hal-hal yang lebih besar

Blog Statistik

  • 6.952 hits